Senin, 06 Juni 2011

PERJALANAN KARIR - JOE SATRIANI (BIOGRAFI)

biografi Joe satriani
Nama Lengkap : Joe Satriani
Tempat/ Tgl. Lahir : 15 Juli 1956, New york – USA
Group saat ini : Joe Satriani
Group Sebelumya : The Squares
Pengaruh : Jimi Hendrix, Ritchie Blackmore
Guitar : Ibanez JS Series
Keahlian : Tapping, Alternate Picking, dll

Joe Satriani, pertama kali belajar gitar pada umur 14 thn. Joe Satriani telah terinspirasi bermain gitar pada usia 14 setelah mendengar bahwa Jimi Hendrix telah meninggal dunia. diusia 15 thn Joe sudah mengajar gitar kepada beberapa muridnya yang antara lain adalah Steve Vai, Krik Hammet (Metallica) dan Larry La Londe (Primus)(selama 3 tahun) Dapat di bayangkan betapa tekunnya dan cepatnya dia mendalami permainan gitarnya. Pada tahun 1974, ia belajar musik jazz dengan gitar dan Billy Bauer dengan reclusive jazz pianist Lennie Tristano. Teknis yang menuntut Tristano sangat mempengaruhi Joe Satriani. Joe Satriani juga mulai mengajar gitar, mengajar di Second Hand Guitar, Berklee, Joe merilis albumnya yg pertama thn 1986 yg berjudul Not Of This Earth. Satriani pada tahun 1978 pindah ke Berkeley, California untuk mengejar karir musik. Tidak lama setelah kedatangannya ia terus melanjutkan mengajar gitar. His paling terkemuka California dan para siswanya disertakan: Kirk Hammett (Metallica), David Bryson (Counting Crows), Kevin Cadogan (Third Eye Blind), Larry LaLonde (Primus), Alex Skolnick (Testament), Phil Kettner (Laaz Rockit) dan Charlie Hunter.

berikutnya, Surfing With The Alien dirilis dan mendapatkan gold dan platinium sales.

Pada tahun 1987 album ke dua Satriani Surfing With The Alien diproduksi dan menjadi populer radio hits,Satriani juga tour Australia dan Selandia Baru dengan Mick Jagger dengan dukungan dari Group Band Raksasa The Rolling Stones.
Tahun 1989 Surfing in a Blue dream pun di rilis dan mencapai angka 750.000 keping untuk penjualannya dan masuk ke nominasi Grammy Awards. Album terjual sangat meledak, terutama di Texas. Ia sangat dipromosikan oleh KLBJ-FM di Austin. sebagai “One Big Rush” adalah fitur pada soundtrack untuk film Cameron Crowe say'n Anything. “The Forgotten Bagian II” adalah fitur pada Labatt Blue komersial di Kanada pada tahun 1993. “Big Bad Moon”, salah satu dari beberapa single Satch secara pribadi dinyanyikan vocals oleh Joe, merupakan hit pada akhir tahun 1989. Pada tahun 1992, Satriani merilis album solo gitarnya dengan tempo musik yang lumayan cepat, paling kritis dan secara komersial berhasil bombastis "acclaimed CD-to-date". Stasiun radio di seluruh negara mempopolerkan title “Summer Song”, sedangkan “Cryin ‘”, “Freind” dan judul lagu lagu solo gitar yang lain juga menjadi hits hits dibebrapa negara Eropa,Amerika,Asia. Pada album ini dianggap sebagai rock klasik.
Pada akhir 1993 Satriani bergabung dengan Deep Purple sebagai pengganti sementara Ritchie Blackmore selama tur band diJepang. Ternyata konser tersebut telah sukses seperti Satriani diminta untuk bergabung dengan Deep Purple sebagai Gitaris permanen, meskipun saat itu kontrak jangka panjang dengan Sony mencegah ini terjadi.
The Extremist di rilis yang juga masuk nominasi Grammy Awards dan mencapai peringkat 24 di Billboard chart. Tahun berikutnya (Time Machime (dobel CD) di rilis. Di tahun 1995 album yang berjudul Joe Satriani di rilis dan lagu My World masuk nominasi Grammy Awars. Thn 1998 Joe merilis albumnya yang ke delapan berjudul Crystal Planet. Di thn 2000 Joe merilis album Engines Of Creation, di album ini Joe melakukan eksperimen dgn rekaman menggunakan rhytm-rhytm yang dibuat di computer. Thn 2001 Joe merilis album livenya Live in San Fransisco. Selain merilis album solonya, Joe Satriani juga merupakan penggagas diadakannya G3. Bersama Steve Vai, Joe sudah beberaapa kali mengadakan konser G3 dengan dewa gitar lainnya seperti Eric Johnson (1996), Andian Leggs, Kenny wayne Shepherd dan Robert Fripp(1997), Michael Schenker dan Uli jhon Roth dgn Brian May sebagai guest star untuk show di London dan Patrick rondat di Prancis(199 8) dan John Petrucci (2001). Joe Satriani juga berpartisipasi dalam Proyek Merry Axemes-nya Stave Vai dan memaikan satu lagu Silent Night yang di aransemen ulang
Pekerjaan lain :
Satriani juga dikreditkan pada banyak album lainnya, termasuk tugas-tugas pada gitar Alice Cooper’s Hey Stoopid (1991), dari Spinal Tap Break Like the Wind (1992), Blue Oyster Cult’s Imaginos (1988), anggota band Stu Hamm dan Gregg Bissonette dari album solo, Menariknya, dia telah dikreditkan untuk bernyanyi di latar belakang vocals 1986 debut album penuh oleh DPR. Pada tahun 2003, ia bermain lead guitar di Yardbirds’ CD rilis Birdland. Pada tahun 2006 ia guested pada beberapa lagu untuk Deep Purple’s vokal Ian Gillan’s solo CD / DVD dual disc Gillan’s Inn.

Teknik dan pengaruh :
Satriani yang dikenal luas sebagai ahli teknis gitar rock. Dia telah mengusai banyak teknik pada beberapa instrumen, termasuk ekstrim whammy bar efek. Pada Big Bad Moon, Satriani menggunakan harmonika mulut-Nya sebagai slide. Satriani melakukan skala soloing berbeda. Instead of his practicing skala

Satriani telah dikritik oleh mereka yang lebih memilih gaya sederhana compositional. Misalnya, Gary Moore pernah berkata bahwa ia menemukan Satriani musik “otak”, katanya, “ia meninggalkan gaya gitaris masa lalu ”. namaun Media kebanyakan menulis Joe Satriani adalah musisi yang Pantas dihormati " Satriani’s musicianship " sebagai Musisi dengan sikap sederhana dan menarik.
Satriani telah menerima 14 nominasi Grammy, dan dia telah menjual lebih dari 10 juta album di seluruh dunia. Banyak orang fans menyebutnya “Satch,” Lagu “Satch Boogie” dari album surfing with the Alien adalah salah satu dari mungkin beberapa ratus seperti lagu bernomor wahid saat itu,
Satriani telah didukung brand Ibanez JS Series guitars, dan Peavey JSX dari amplifier. Kedua piranti ini dirancang khusus dengan tanda tangan Joe Satriani.



3 komentar:

  1. mantapp..nice nfo !

    BalasHapus
  2. benar ga tuh si JOE kturunan Iran ?

    BalasHapus
  3. @ Anonim : thnx , ada jg media yg menulis JS berdarah Iran dari ortunya ..lahir New york – USA

    BalasHapus

Please comment here...